Loader
 

Melon Chamoe Pendatang Baru Asal Korea

Satu lagi pendatang baru yang bakal meramaikan jagat buah melon di Indonesia. Chamoe, itulah nama populernya. Selintas bentuknya lonjong mirip timun suri, hanya ukurannya mini dengan panjang sekitar 10 cm.  Warna buahnya kuning keemasan dan memiliki lekuk-lekuk putih di antaranya. Buah itu mudah dipetik dan biasa dikonsumsi bersama dengan kulitnya, tanpa perlu dikupas. Kulit melon chamoe memang umum dinikmati bersama daging buah dan tak meninggalkan rasa pahit.

Tekstur daging buah renyah dan kadar manisnya bisa mencapai 15o – 16o briks, sungguh cita rasa lengkap dan isitmewa untuk sebuah melon.  Umumnya melon yang biasa dikonsumsi hanya mencapai 10o – 12o briks. Bobot buahnya mencapai 600-700 gram, beberapa bahkan bisa mencapai 850 gram.

Satu tanaman chamoe menghasilkan 2-3 buah. Di Indonesia belum banyak yang membudidayakannya. Untuk menjaga kualitas, sebaiknya menanam melon ini perlu dilakukan dalam greenhouse dan secara hidroponik. Di Indonesia, melon chamoe dibudidayakan di Semarang, Jawa Tengah dalam greenhouse. Pada umur 65 hari, tanaman ini dapat dipanen, dengan harga jual sekitar Rp. 30.000—Rp. 35.000 perbuah. Dengan kadar kemanisan dan tekstur yang kuat, buah ini mulai dogemari masyarakat perkotaan.(SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment