Loader
 

Menanam Si Manis Yang Tak Berbiji

sahabatpetani.com – Buah Semangka tanpa biji kini telah menjadi idola bagi penikmat buah, karena lebih mudah dan nyaman dalam memakannya. Selain mudah dalam memakannya, semangka memiliki daya tarik sendiri karena buahnya yang manis dan segar.  Namun banyak yang berpendapat bahwa menanam buah semangka tanpa biji itu sulit, namun bila kita menerapkan tahap demi tahap budidaya dengan benar tentu tidak akan sulit karena pada dasarnya budidaya semangka tergolong cukup mudah. berikut tahapan dalam budidaya buah semangka tanpa biji:

Pengolahan Tanah

Pada pengolahan tanah, tanah dibajak atau cangkul 30 hari sebelum tanam, lalu dibuat bedengan dengan lebar 1,2 m, tinggi 20 cm, panjang menyesuaikan lahan, jarak antar bedengan 40 cm, pupuk Petroganik diberikan dengan cara dicampur dengan tanah bagian atas bedengan sebanyak 2 ton/ha. Pada pemupukan dasar diberikan dengan cara disebar pada permukaan bedengan dan diaduk rata serta diberi Petrofur-3G 17 kg/ha. Guludan ditutup mulsa plastik hitam perak (MPHP), selanjutnya dibuat lubang tanam dengan  diameter 10 cm, jarak antar lubang tanam dibuat 60 cm, antar baris 80 cm, dan lubang penyiraman pada titik diagonal antar 4 lubang tanam. Untuk pemasangan ajir bambu setinggi 2 m dengan posisi semivertikal menyilang dibagian atas. Pada masing-masing persilangan dan sisi-sisi ajir  pada ketinggian 0,8 cm dihubungkan dengan gelagar, pada kedua geagar dihubungkan lagi dengan bilah bambu sebagai para-para yang akan digunakan sebagai alas buah semangka.

Pembibitan & Penanaman

Untuk menanam semangka tanpa biji harus dilakukan perkawinan antar semangka yanng berbiji dan semangka yang tidak berbiji untuk itu pembibitan dilakukan bersamaan antara semangka tanpa biji dan semangka berbiji. Untuk media pembibitan terdiri dari campuran tanah dan pupuk kandang (3:1). Tiap mᶟ media ditambah 1 kg Phonska Plus dan 0,5 kg Petrofur 3G. Selanjutnya media dimasukkan dalam pottray (tempat pembibitan semacam pot kecil). Benih yang telah diperam 24 jam, ditanam pada media dan ditempatkan pada sungkup plastik dan pencahayaannya diatur, setelah 5 hari dikenakan sinar matahari pagi. Bibit yang sudah berumur 12-14 hari siap untuk dipindahkan ke lapangan (keluar dua daun). Tanaman seawal mungkin dirambatkan dan diikat pada ajir, tunas dipangkas dan hanya disisakan 2 tunas yang nantinya akan dibuahkan. Penyerbukan dilakukan dengan mengambil bunga jantan dari tanaman semangka berbiji dan dikawinkan dengan bunga betina dari semangka tanpa biji. Pada saat buah mencapai diameter 10 cm dilakukann seleksi buah dan dipertahankan satu buah terbaik per tanaman.

Pemupukan

Pemberian pupuk dilakukan secara bertahap. Takaran pupuk yang diberikan 1.200 kg Petro Nitrat, 250 kg ZK per hektar. Untuk penyiraman dilakukan 2-3 kali per minggu ila tidak ada hujan. Dua minggu menjelang panen penyiraman cukup 1 minggu sekali.

Jenis Pupuk Takaran (kg/ha) Takaran & Waktu Pemupukan
Dasar

0 HST

Susulan

1-8 MST

Petroganik 2.000 2.000
Petro Nitrat 1.200 400 800
ZK 250 125 125

Catatan:

Pupuk Petro Nitrat untuk susulan diberikan 8 kali, 1 minggu 1 kali, mulai umur 1 MST, dengan cara dilarutkan dalam air, takaran pertanaman untuk umur:

  • 1-2 MST = 2,5 – 3,0 g/250 ml air
  • 3-8 MST = 3,5-4,5 g/250 ml air

MST = Minggu setelah Tanam

HST = Hari Setelah Tanam

Hama & Penyakit

Hama yang sering menyerang tanaman semangka adalah: Kutu daun (Aphis sp.), Lalat buah (Dacus cucurbitacea), trip (Trips papirvinus), Tungau (Tetranycus sp.), oteng-oteng (Aulachopora sp.). sedangkan penyakit yang sering menyerang adalah: layu fusarium, penyakit rebah semai damping off (Pythium sp. / Rhizoctonia sp.), busuk daun (Pseudoperonospora sp.), antraknose (Celletotrichum sp.).

Panen

Semangka sudah dapat dipanen pada umur 75-80 HST. Untuk cara memanen sebaiknya dengan mengikutkan tangkai buah. Untuk buah yang telah dipetik sebaiknya tidak ditumpuk, dan selanjutnya diletakkan pada tempat yang kering, sejuk dan berventilasi baik. Perlakuan berikutnya adalah sortasi, grading, pelebelan dan pengemasan.(SP/ Foto: chemfastbrocid.ga)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment