Loader
 

Pemberian Pupuk Berimbang, cegah ketimpangan unsur hara

sahabatpetani.com – Unsur hara merupakan sumber nutrisi atau makanan yang dibutuhkan oleh tanaman pada tanah. Tanah dikatakan baik jika memiliki kandungahn unsur-unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Unsur hara sendiri dibagi menjadi 2, yaitu unsur hara makro dan unsur hara mikro. Unsur hara Makro adalah unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tanaman, unsur yang termasuk dalam unsur hara makro antara lain kalium (K), belerang (S), Kalsium (Ca), fosfor (P), magnesium (Mg), dan nitrogen (N). Sedangkan unsur hara mikro adalah unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit oleh tanaman, namun sangat penting bagi tanaman, unsur  yang termasuk dalam unsur hara mikro antara lain seng (Zn), tembaga (Cu), besi (Fe), molibdenum (Mo), boron (B), mangan (Mn), dan klor (Cl).

Pemberian unsur hara terhadap tanaman haruslah secara berimbang, agar tanaman dapat tumbuh secara optimal dan tidak terjadinya ketimpangan unsur hara. Ketimpangan unsur hara terjadi karena pemberian pupuk atau unsur hara yang tidak berimbang dan pola tanam yang monokultur. Contohnya Pemberian unsur hara N(Nitrogen) dalam jumlah tinggi dalam bentuk Urea dan ZA dapat mengakibatkan pengambilan hara lain menjadi lebih besar dibandingkan yang daoat disediakan oleh tanah. Kondisi tersebut dikenal dengan penambangan unsur hara.

Jika kandungan hara tanaman tidak diberikan secara tepat dan optimal maka pertumbuhan dan produktivitas tidak akan optimal. Hal ini sejalan dengan hukum Minimum kebutuhan hara Jostus Von Liebig, dimana pemberian hara yang terbatas maka akan menjadi faktor pembatas pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

Oleh karena itu, dibutuhkan anjuran dan penyuluhan dalam pemberian pupuk secara berimbang. PT Petrokimia Gresik sebagai perusahaan solusi agroindustri, dalam membantu petani memenuhi kandungan unsur hara baik makro atau mikro, menciptakan produk NPK Phonska Plus, yang mengandung unsur hara makro N,P, K dan S dan unsur hara mikro berupa seng (Zn) yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan unsur hara oleh tanaman.

Selain pemberian pupuk anorganik, pemberian pupuk organik juga menjadi salah satu hal penting dalam menjaga kesuburan tanah dan ketersediaan unsur hara. Pemberian ppupuk organik seperti Petroganik telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Hal ini dikarenakan dalam bahan organik tersebut terkandung unsur hara yang menjadi faktor pembatas dalam lahan. Selain itu semakin banyak kandungan bahan organik dalam tanah, semakin baik pula kesuburan tanah tersebut.(SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment