Loader
 
Ilustrasi oleh Hamdan Sobri

Pengen Dapat Hasil Panen Yang Melimpah? Simak 4 Tips Bertani Dari Sahabat Petani

Pertanian adalah pondasi utama dalam kehidupan, karena hanya bidang pertanian yang mampu memberikan pangan kepada seluruh penduduk dunia. Kegiatan bertani dan berkebun juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan kok, apalagi bagi para penggemar bercocok tanam atau hobbies. Ada yang gemar menanam tanaman buah-buahan di kebun ada juga yang suka menanam tanaman hias di pekarangan rumah. Namun, untuk memperoleh hasil panen yang bagus dan melimpah, ada caranya loh.

Pengen tau apa sih rahasianya bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah. Yuk cus kita simak 4 tips dari sahabat petani :

Tanah adalah rumah tanaman, jadi buatlah tanah menjadi subur dan sehat ya.

“Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman” kutipan lagu kolam susu ini hanya merupakan kiasan ya sahabat, yang mau menunjukkan suburnya negeri kita Indonesia. Namun, hasil panen yang optimal bukan didapat melalui keberuntungan loh, salah satu tipsnya adalah Sahabat harus melakukan pengolahan tanah sebelum benih masuk. Tujuannya adalah untuk menggemburkan struktur tanah agar menjadi gembur, sehingga memudahkan perakaran untuk masuk ke dalam tanah yang nantinya mempermudah akar tanaman menyerap unsur hara yang ada di dalam tanah.

Jangan Pakai Benih/Bibit Abal-Abal, Gunakan Benih Yang Sudah Jelas Kualitasnya

Banyak petani saat ini yang mengeluh benihnya tidak tumbuh. Nah, salah satu penyebabnya adalah petani tidak menggunakan benih yang bermutu sahabat. Benih menjadi salah satu faktor penting yang menentukan hasil panen. Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih benih? Pertama secara mutu genetis (varietas unggul), kedua mutu fisiologis atau kemampuan daya hidup  benih (viabilitas) dan ketiga adalah mutu fisik yaitu penampilan benih. Benih yang baik dilihat secara fisik berukuran homogen, bernas dan bersih dari campuran, bebas hama dan penyakit

.

Tanaman Juga Seperti Manusia Yang Butuh Makan Untuk Tumbuh dan Berkembang, Lengkapi Nutrisinya Secara Seimbang.

Tips ke-tiga adalah memberikan tambahan nutrisi yang tepat dan berimbang kepada tanaman dengan cara pemupukan. Sama halnya dengan manusia, tanaman sebagai makhluk hidup juga membutuhkan yang namanya makan. Nutrisi bagi tanaman berperan penting bagi tanaman untuk tumbuh, berkembang dan berproduksi. Pastikan juga pupuk yang kalian gunakan mempunyai kualitas yang tinggi dan berasal dari produsen yang terpercaya. Jangan biarkan tanaman kalian kelaparan ya sahabat, nanti hasil panennya tidak bisa optimal loh.

Rawatlah Setiap Tanaman Seperti Kamu Merawat Kehidupan.

Merawat tanaman itu memang susah-susah gampang, kita dituntut untuk rajin dan telaten merawatnya sahabat. Apa aja sih perawatan yang harus rutin kita lakukan? Tanaman perlu disiram secara rutin,  tanaman diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari, bersihkan lahan agar tebebas dari gulma dan membersihkan kebun agar tanaman terbebas dari hama & penyakit. Sahabat, dalam hidup kita apapun yang dirawat, pasti akan memberikan kebaikan bagi orang disekeliling kita. Semoga bermanfaat. (adhitya herwin dwiputra)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment