Loader
 

Pentingnya Peran Probiotik

sahabatpetani.com – selain memberikan makan terhadap hewan ternak, kita perlu juga memberikan tambahan nutrisi. Tambahan nutrisi ini bisa berupa probiotik. Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya. Pemberian probiotik ini sebagai pendukungĀ  dalam mencukupi kebutuhan nutrisi hewan ternak. Penggunaan probiotik ini juga sebagai imbuhan pakan ternak yang lebih ramah terhadap manusia,ternak,dan lingkungan sekitarnya.

Pakar nutrisi dan teknologi pakan ternak dari Institut Pertanian Bogor(IPB), juga menganjurkan pemberian probiotik pada hewan ternak, karena penggunaan probiotik memiliki lebih banyak manfaat ketimbang antibiotik yang digunakan pada umumnya. Beliau juga menjelaskan banyak manfaat dari pemberian probiotik bagi hewan ternak, anrata lain: mendetoksifikasi racun berbahaya dan merangsang kekebalan tubuh, mengurangi gas metana, dan mencegah kelainan metabolisme.

Dalam hal ini, PT Petrokimia Gresik selain sebagai perusahaan pupuk terbesar dan terlengkap, PT Petrokimia Gresik juga sebagai perusahaan solusi agroindustri dan upaya dalam turut serta membantu Peternak di Indonesia, PT Petrokimia Gresik memiliki beberapa produk probiotik bagi hewan ternak, diantaranya: Petro Biofeed dan Petro Chick. Petro Biofeed adalah probiotik untuk hewan ruminansia seperti: kambing, sapi, dll. Petrobofeed mengandung 4 bakteri menguntungkan yang memiliki manfaat: melancarkan metabolisme dalam tubuh ternak,menambah nafsu makan, menyeimbangkan jumlah mikroorganisme alamiah didalam saluran oencernaan ternak, mengurangi bau pada kotoran ternak,meningkatkan hasil produksi ternak, dan menjaga kesehatan ternak.

Sedangkan Petro Chick adalah probiotik untuk unggas seperti: ayam,bebek, dll. Petro Chick mengandung 4 bakteri menguntungkan yang berfungsi untuk: menyeimbangkan mikroflora intestinal unggas, memperbaiki tingkat kesehatan unggas, meningkatkan produksi dan mutu daging unggas, mengurangi stres pada unggas,meningkatkan nafsu makan, mengurangi tingkat kematian, dan mudah dalam aplikasi.(Sumber:Fathkurochman H dan republika.co.id/Sumber foto:wikipedia.org)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment