Loader
 

Peringati HKP Ke-74 di Garut, Petrokimia Gresik ikut edukasi petani

sahabatpetani.com, Garut – Rabu(20/8) Pemerintah Kab. Garut melalui Dinas Pertanian menggelar perayaan HKP di area Lapangan Pendopo Garut. Acara  ini diikuti oleh seluruh perwakilan dari berbagai kecamatan yang berada di kawasan  Kab. Garut. Dalam acara itu juga ditampilkan berbagai hasil pertanian di daerah Kab. Garut.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Bupati Garut, Rudy Gunawan bersama Wakil Bupati Garut, serta Dians Pertanian Kab. Garut, Dinas Peternakan & Perkebunan Kab. Garut, Dinas Perindag Kab. Garut,  SKPD Bidang SDM, Ekonomi, Perencanaan, Anggaran, Hukum dan Kesehatan Kab. Garut. KTNA serta seluruh Kelompok Tani se-Kabupaten Garut.

Dalam kegiatan HKP ini, selain menampilkan berbagai hasil pertanian, Para pengunjng dan petani diberikan pemahaman teknologi tepat guna agar menambah tentang teknologi terbaru dan menarik minat terhadap dunia pertanian.

Selain diberikannya pemahaman teknologi tepat guna, Kegiatan HKP ini juga diramaikan dengan berbagai kegiatan dan perlombaan, diantaranya Garut Agri Carnaval yang menampilkan Mobil dan traktor yang dihias dan lomba keterampilan petani diantaranya lomba rakit traktor, lomba Rajang tembakau. Lomba rajang tembakau sendiri merupakan bentuk melestarikan budaya turun temurun yang seiring berjalannya waktu semakn ditinggalakan. Lomba rajang tembabakau memperlihatkan keterampilan seseorang dalam merajang(mengiris) tembakau setipis mungkin.

Expo dan Both Camp juga turut meramaikan pengunjung dengan berbagai macam yang ditampilkan, termasuk Petrokimia Gresik Sebagai Perusahaan BUMN untuk solusi agroindustri yang turut berpartisipasi dalam memeriahkan HKP ini. Dengan mendirikan stand, Petrokimia gresik ingin memberikan edukasi terhadap pengunjung dan petani yang hadir mengenai dunia pertanian.Tak hanya itu, dengan didirikanya stand ini Petrokimia Gresik juga ingin memperkenalkan teknologi serta produk-produk terbaru yang mampu memberikan solusi bagi peningkatan produktifitas petani.

Pendirian stand ini juga bermaksud untuk upaya promosi dan komunikasi kepada petani yang hadir, sehingga petani semakin mengerti dan semakin banyak yang mengetahui apa keunggulan produk baru Petrokimia Gresik.

Ditampilkan pula lomba ngagondang, yaitu etnis kesenian tradisional khas Sunda yang memperagakan tarian tumbuk padi, biasanya kesenian ini dimainkan oleh pasangan petani, dimana wanita bernyanyi sambil menumbuk padi dan laki-lakinya menari dan bernyanyi.

HKP ini merupakan wujud kekompakan para petani yang kuat. Dengan adanya acara ini diharapkan petani menjadi lebih sejahtera, serta berhasil melakukan kegiatan bertaninya, karena ini merupakan momentum bangkitnya petani untuk meningkatkan kualitas pangan untuk kemajuan dan kesejahteraan petani/ nelayan Garut.(Rahmat S, PPD Kab. Garut)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment