Loader
 

Perkuat Sektor Pertanian Dan dukung regenerasi petani, Petrokimia Gresik Gelar Jambore Petani Muda 4

sahabatpetani.com – Dengan bertambahnya jumlah penduduk setiap tahunnnya, tentu pemenuhan kebutuhan akan bahan pangan juga ikut meningkat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik dan Bappenas pada tahun 2045, proyeksi kebutuhan bahan pangan pokok utama yaitu beras  mengalami peningkatan hingga 35 juta ton setiap tahunnya.

Meningkatnya kebutuhan pangan utama ini tentu menjadikan peran petani menjadi sangat vital di Indonesia. Namun Seperti yang kita ketahui bersama, regenerasi petani menjadi tantangan tersendiri pada pengembangan sektor pertanian. Jumlah petani milenial di Indonesia hanya sebesar 11,7% atau sejumlah 3,2 juta petani. 

Dalam menunjukkan kontribusinya terhadap keberlangsungan regenerasi petani, Petrokimia Gresik secara konsisten setiap tahunnya menyelenggarakan Jambore Petani Muda. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk :

  • Meningkatkan minat generasi muda pada sektor pertanian.
  • Menciptakan petani muda yang unggul dan berkompeten, serta ;
  • Membentuk komunitas petani muda di berbagai wilayah di Indonesia.

Tidak hanya itu, di Jambore Petani Muda Petrokimia Gresik telah melahirkan bibit – bibit unggul Petani Muda yang sukses dan menginspirasi pemuda lainnya untuk terjun di bidang pertanian.

Di mulai sejak tahun 2017 yaitu Jambore Petani muda yang pertama, PT Petrokimia Gresik mengumpulkan petani – petani muda sukses dari seluruh Indonesia untuk berdiskusi, bertemu secara langsung untuk saling berbagi ilmu dan membentuk sebuah komunitas.

Pada tahun berikutnya, Jambore Petani Muda 2, Petrokimia Gresik mengundang siswa siswi SMK Pertanian yang berprestasi. Dengan rangkaian kegiatan :

  • kelas inspirasi
  • lomba inovasi dan teknologi pertanian.

Para pemenang memperoleh kesempatan untuk hadir ke Gresik untuk mempresentasikan langsung Ide inovasinya.

Pada Jambore Petani Muda 3 PT Petrokimia Gresik melakukan roadshow ke Fakultas  Pertanian di 12 Universitas terkemuka di Indonesia. Dengan mengangkat tema “Agrosociopreneur”. Petrokimia Gresik menemukan potensi potensi petani muda yang kreatif, inovatif dan memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk pengembagan masyarakat sekitar.

Pada tahun ini, tepatnya pada 10 November 2020 bertepatan dengan hari pahlawan, Petrokimia Gresik kembali menggelar Jambore Petani Muda 4 dengan mengundang seluruh alumni dari Jambore Petani Muda 1, 2 dan 3. Hari ini Petrokimia Gresik akan mengukuhkan komunitas petani muda Indonesia dengan nama “Sahabat Petani.ID” sebagai langkah strategis meningkatkan revenue dan customer relationship khusus untuk konsumen petani muda.

Kegiatan Jambore Petani Muda 4 tahun ini, dikemas secara menarik dalam bentuk tiga program utama yang ditujukan kepada kaum petani milenial yang diharapkan bisa berperan sebagai key opinion leader. Tiga  program tersebut adalah “Talkshow Interaktif Pertanian, Seremonial launching komunitas Sahabat Petani.ID dan Awarding Tokoh Muda Pertanian Inspiratif”. Dalam kegiatan awarding ini, PT Petrokimia Gresik memberikan penghargaan kepada kaum milenial pada empat kategori yaitu petani muda, penggerak sosial pertanian, teknologi pertanian dan penyuluh pertanian inspiratif.

Dengan mengangkat tema “Memanfaatkan Peluang Bisnis Pertanian Pasca New Normal dengan Prinsip Sustainable Agriculture dan High Social Impact”  pada Gathering Virtual Jambore Petani Muda 4, PT Petrokimia Gresik bersinergi dengan tiga tokoh muda yang berpengalaman dan kompeten dalam dunia usaha, yaitu Sandiaga Uno, praktisi sukses pengusaha muda Indonesia, Sandi Okta yang merupakan Ketua Umum Duta Petani Milenial Indonesia, serta Oshin Hernis selaku Head of Communication Sayurbox.

Kegiatan Jambore Petani Muda 4 ini diadakan secara virtual melalui platform zoom yang berkapasitas 1.000 peserta dan kini jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 1.600 peserta. Eits tapi jangan khawatir bagi Sahabat yang ingin bergabung namun pendaftaran zoom sudah penuh, Sahabat dapat menyaksikan dan bergabung pada acara ini melalui media sosial kami, karena kami juga akan menyiarkan seara langsung pada media sosial kami yaitu instagram : @sahabat.petani, youtube : sahabatpetanichannel, dan facebook : SahabatPetani PG. (FR)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment