Loader
 

Perkuat Sel Untuk Cegah Corona

sahabatpetani.com – Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCov) yang lebih dikenal dengan nama virus corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini dapat meyerang siapa saja tak memandang usia maupun jenis kelamin. Virus ini menyerang saluran pernafasan inangnnnya. Penyakit ini dikabarkan muncul pertama kali di Kota Wuhan, China dan kini telah menyebar ke beberapa negara, salah satunya yaitu Indonesia.

Dikutip dari trubus majalah, menurut guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM), Yogyakarta, Prof. Dr. dr. Nyoman Kertia , Sp.P.D.,menyatakan bahwa sejak lama corona ada di Indonesia, dibawa oleh kelelawar. Telah tercatat sembilan kali virus corona terdeteksi positif di Indonesia pada tahun 2011-2014. “ Bedanya pada saat itu kasus muncul pada satwa liar, bukan pada manusia”, ujar Nyoman.

Banyak orang khawatir akan tertular atau terkena virus ini, karena penyebarannya yang sangat cepat dan dapat melalui bersin seseorang yang sudah positif terkena virus corona ini. Namun menurut Nyoman, tubuh manusia bertahan dari serangan virus tidak hanya mengandalkan imunitas. Virus menyerang dengan cara menembus membran sel dan memperbanyak melalui sel tersebut. Namun Jika tubuh sehat maka virus tidak dapat menembus membran sel, sehingga tidak terserang corona. Salah satu komponen untuk memperkuat sel adalah antioksidan dan curcumin.

Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Sedangkan curcumin berfungsi untuk memblok sitokin. Sitokin sendiri adalah salah satu reaksi karena adanya virus di dalam sel.

Antioksidan dan curcumin ini dapat ditemukan pada rempah-rempah atau empon-empon. Dengan kita sering mengkonsumsi rempah-rempah sama saja kita telah membantu melindungi tubuh kita dari virus corona. Rempah ini dapat dikonsumsi sebagai minuman atau dapat juga sebagai bumbu dalam masakan. Bagaimana langkah preventifnya? Selain melindungi diri dengan menggunakan masker ketika di tempat keramaian, kita juga perlu melindungi dari dalam yaitu dengan cara mengkonsumsi rempah-rempah atau empon-empon.(SP/Foto:tribunnews.com)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment