Loader
 

Petro Nitrat Tingkatkan Panen Hingga 2 Kali Lipat

sahabatpetani, Sukabumi – Demplot (Demonstrasi Plot) Petro Nitrat yang dilakukan oleh CV Keluarga Tani di Desa Cisarua Kec. Sukaraja kab. Sukabumi menunjukkan adanya peningkatan panen hingga 2 kali lipat dari biasanya. Demplot dilakukan pada tanaman sawi dan tomat.

Demplot yang dilakukan pada lahan milik Bapak Hendik ini langsung didampingi dan dipantau oleh PPL Desa Cisarua, Ibu Irma Nurlaila. Menurut Hendik, bahwa dengan menggunakan pupuk  NPK Petro Nitrat menuturkan daun sawi lebih tebal, tahan terhadap hama penyakit (tahan terhadap busuk daun dan batang dan daun tidak dimakan ulat), daun tidak mudah layu, tahan saat kemarau panjang karena tanah didalam tidak kering seperti air terikat oleh kaptan.

Irma mengatakan bahwa, “Hasil yang didapat setelah demplot pada tanaman sawi rata-rata hasil per pohon 1,5 kg – 3 kg dengan hasil ± 50 ton/ha, kebiasaan petani sebelum demplot rata-rata per pohon 8 ons – 1 kg dan hasil ± 25 ton /ha, hasil yang didapat dengan menggunakan NPK Petronitrat 2 kali lipat dari kebiasaan petani.”

“Secara kualitas dan kuantitas Petro Nitrat bisa meningkatkan panen sangat signifikan dan penjualan sawi ini meningkat karena ukuran sawinya besar sehingga bisa dipasarkan dipasar atau pabrik korea untuk kuliner komunitas orang korea dijakarta,” imbuh Irma.

Menurut Hendik setelah mengggunakan Petro Nitrat, penghasilannya juga ikut naik, “Harga dari sawi yang dihasilkan juga memuaskan karena rata-rata sawi dengan ukuran kecil harga saat ini Rp. 1.600/kg dan dengan NPK Petronitrat hasil sawi besar dan harga Rp. 3.500/kg,” terangnya.

Selain menggunakan pupuk Petro Nitrat, demplot ini juga menggunakan Petroganik dan Kaptan (Kapur Pertanian). Dimana fungsi dari Petroganik dan Kaptan sebagai pembenah tanah. Fungsi dari Petroganik untuk meningkatkan kandungan organic yang ada dalam tanah, sedangkan Kaptan sendiri untuk menetralkan pH atau derajat keasaman tanah.( Sigit Cahyono SPDP Bogor, Cianjur dan Sukabumi

)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment