Loader
 

Petrokimia Gresik Edukasi Petani Gorontalo Melalui Demplot

sahabatpetani.com – Petrokimia Gresik (PG), perusahaan Solusi Agroindustri yang merupakan anggota holding Pupuk Indonesia terus berupaya meningkatkan pelayanan dalam mendongkrak produktivitas pertanian di berbagai daerah dalam rangka mendorong peningkatan kesejahteraan petani.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan PG tersebut ialah melalui kegiatan demplot (demonstration plot) yang dilakukan di Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango, Gorontalo. Demplot ini dilakukan pada komoditas tanaman cabai. Hal ini dijelaskan oleh Ruswandono selaku SPDP (Staf Perwakilan Penjualan Daerah) wilayah Gorontalo.

“Untuk komoditas yang saat ini kami demplot adalah cabai saja, namun beberapa waktu yang lalu kami juga sudah melakukan demplot pada komoditas lain seperti tomat, padi dan jagung,” jelas Ruswandono.

Adapun pupuk yang diaplikasikan pada demplot ini antara lain pupuk organik Petroganik (500 kg/ha), NPK Phonska Plus (300 kg/ha) dan Urea (200/ha). Dalam pola ini, Petrokimia Gresik juga mengajak petani untuk menjaga kelestarian alam melalui penggunaan pupuk organik. Sedangkan penggunaan NPK Phonska Plus berfungsi untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi.

Selain itu, yang menarik dalam demplot ini, adalah pengaplikasian produk baru dari PG yaitu pupuk organk cair phonska oca, dimana kandungan pupuk majemuk berfungsi untuk meningkatkan produktivitas tanaman dan pupuk organik dapat memperbaiki kandungan hara pada tanah. pupuk organik cair Phonska Oca adalah Phonska Oca merupakan gabungan antara pupuk majemuk NPK dan pupuk organik dalam bentuk cair, dengan kandungan C-Organik minimal 6%, unsur hara makro Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), dan diperkaya unsur mikro serta mikroba yang sangat bermanfaat untuk tanaman.

Ruswandono mengungkapkan bahwa kegiatan demplot ini sebagai bentuk percontohan dan edukasi bagi petani sekitar. “Dengan adanya demplot ini harapannya dapat menjadi sarana bagii petani sekitar terkait bagaimana cara budidaya cabai yang tepat dan pemberian pupuk secara berimbang yang nantinya dapat diterapkan di lahannya masing-masing,” jelasnya. (Ruswandono/ SPDP Gorontalo)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment