Loader
 

Petrokimia Gresik Gandeng 12 Universitas Untuk Wujudkan Agrosociopreneur Melalui Jambore Petani Muda 3

sahabatpetani.com – Setelah berhasil dengan kegiatan Jambore Petani Muda 1 dan 2  kini PT Petrokimia Gresik sebagai perusahaan solusi agroindustri sebagai bentuk langkah pasti dalam mewujdkan regenerasi petani  di Indonesia kembali mengadakan gerakan Jambore Petani muda 3 yang bertujuan untuk mendukung regenerasi petani dan pertumbuhan agrosociopreneurship bidang pertanian di Indonesia.  

Gerakan Jambore Petani muda 3 ini dilatar belakangi oleh peran anak muda terhadap pertanian yang sedikit dan kondisi rata-rata yang bekerja di sektor pertanian saat ini berusia di atas 45 tahun ke atas. Padahal pertanian memiliki potensi yang luar biasa besar dalam menghasilkan financial. Kegiatan jambore Petani Muda kali ini bekerja sama dengan 12 universitas ternama di Indonesia, yaitu USU, UGM, IPB, Unsoed, UB, Unpad, Unila, UNS, UNEJ, Udayana, Unhas dan Universitas Lambung Mangkurat.

Dari ke 12 Universitas tersebut USU merupakan universitas pertama yang digelar acara ini, tepatnya  hari Selasa (10/9) di aula gedung pascasarjana Fakultas Pertanian, Medan. Pada pertemuan tersebut, dihadiri oleh Manager Promosi dan Perencanaan Pemasaran PT Petrokimia Gresik, Junianto Simaremare didampingi Manager Penjualan Pupuk Korporasi PT Petrokimia Gresik, Trudo Nainggolan, Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU), Tavi Supriana, dan perwakilan dari Tanijoy, Jainal Damanik.

Dalam pertemuan tersebut, Junianto menyampaikan  bahwa peran generasi muda dalam mewujudkan kedaulatan pangan sangat dibutuhkan dalam sektor pangan. “Dilihat dari 10 tahun terakhir jumlah rumah tangga petani turun hingga 20%, sedangkan jumlah  penduduk dari tahun ke tahun semakin meningkat, dan peningkatan penduduk ini berbanding lurus dengan kebutuhan pangan,” ucapnya.

“oleh karena itu PT Petrokimia Gresik sebagai solusi agroindustri melalui kegiatan Jambore Petani Muda 3 ini ingin mengajak generasi muda yang memiliki minat terhadap dunia pertanian untuk berkontribusi dalam memajukan pertanian di Indonesia,” lanjutnya.

Kegiatan ini disambut posistif oleh Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU), Tavi Supriana. “kami  sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini, dengan adanya kegiatan ini diharapkan generasi muda semakin tertarik dan mampu memberikan kontribusinya  terhadap pertanian di Indonesia. Di USU sendiri, kami mencetak mahasiswa kami menjadi seorang wirausahawan dalam bidang pertanian dan kami juga memiliki PKM (Program Kemandirian Mahasiswa) untuk membantu pendanaan bagi mahasiswa yang terjun dalam bidang tersebut”.

Kegiatan Jambore Petani ini nantinya akan memberikan kesempatan terhadap mahasiswa yang mempunyai ide bisnis dalam dunia pertanian yang berorintasi profit namun juga memiliki manfaat  bagi kehidupan sosial disekitarnya untuk mau membagikan idenya.

“Ide dari setiap tim akan kami saring hingga menemukan 1 perwakilan terbaik setiap universitas yang nantinya akan kami undang ke Gresik untuk memaparkan langsung tentang ide bisnisnya. Dari ke 12 tim tersebut  akan kami saring lagi hingga menyisahkan 3 tim terbaik  saja yang nantinya akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah dan mentoring langsung dari Tanijoy dan Agradaya, “ ucap Trudo.

“Untuk pendaftaran dan tata cara pendaftaran sendiri dapat dilihat melalui website www.sahabatpetani.com,”  imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan Tanijoy Jainal Damanik mengatakan bahwa saat ini Tanijoy berperan aktif dalam membangun dan memajkan pertanian di Indonesia. Dengan bekerjasama dengan beberapa investor untuk memenuhi kebutuhan petani.

dengan adanya kegiatan Jambore Petani ini, para generasi muda tidak hanya berangan-angan tentang ide yang mereka miliki, namun dapat juga diaplikasikan secara nyata dan dapat meningkatkan minat terhadap dunia pertanian serta dapat berperan aktif dalam memajukan pertanian di Indonesia.(SP/foto: Rahmat Junianto)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment