Loader
 

Petrokimia Gresik ikut Ramaikan Lomba Balap Traktor di Hari Jadi Desa Tejo, Kabupaten Bojonegoro

sahabatpetani.com, Bojonegoro – Banyak hal dan cara yang unik  untuk memperingati hari jadi atau hari ulang tahun, seperti yang  dilakukan oleh Warga Desa Tejo, Kecamatan Kanor, Bojonegoro ini salah satunya. Dalam memperingati hari jadi Desa Tejo  yang ke-638 para warga menggelar acara lomba balap traktor. Ya, traktor yang biasanya hanya digunakan untuk membajak sawah, kini digunakan ajang balap bak balap motor atau mobil.

Kepala Desa Tejo, Qomarudin mengungkapkan bahwa acara balap traktor ini merupakan tahun kedua yang sebelumnya diadakan di tahun 2018. “ Acara balap traktor ini merupakan acara tahun kedua yang sebelumnya kami adakan di tahun 2018 untuk mempringati hari jadi Desa Tejo yang ke 637 dan kami juga bekerja sama dengan Petrokimia Gresik.” Ucapnya.  

Lomba balap traktor ini diadakan bertujuan untuk dimana nantinya akan  ada  petani yang mampu mengeksplor kemampuan mereka dalam bidang pertanian dan membangun kerjasama tim yang dipadukan dalam sebuah grup lomba balap traktor yang  terbaik  dari  yang  paling baik  setelah  melewati  tahap-tahap  yang  diujikan.

Selain itu, menurut Qomarudin, selaku Kepala Desa Tejo, lomba balap traktor ini diadakan juga untuk menarik minat kaum milenial terhadap dunia pertanian. “Harapannya dengan diadakannya lomba balap traktor ini, generasi milenial mempunyai keterampilan tersendiri dalam mengolah alat pertanian, sehingga generasi muda tidak asing dengan sarana pertanian. Dimana di era ini tuntutan era globalisasi ini bahwa untuk mengolah lahan pertanian kita harus bisa menguasai teknologi pertanian, yaitu salah satunya traktor ini,” terangnya.

Hal ini diamini oleh Andis, selaku koordianator  penyelenggara kegiatan balap traktor, “harapannya setelah diadakannya lomba balap traktor ini kaum muda lebih peduli teerhadap sektor pertanian dan tidak terfokus hanya pada pekerjaan kantor karena di sektor pertanian sendiri juga memiliki potensi yang sangat besar,” Terangnya.

Dalam lomba balap traktor ini dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas ibu-ibu lokal dan kelas umum atau bebas. Menurut Andis, selaku ketua penyelenggara kegiatan, terdapat 60 peserta yang mengikuti acara tahunan tersebut, baik dari luar desa maupun kecamatan. Dalam acara tersebut sebanyak 25% peserta adalah generasi muda.

Aturannya , para petani harus mengendarai traktor tangan dengan cepat melalui trek balap berupa sawah, lalu para peserta harus melalui garis start dan berputar kembali dan menuju garis finish. Bagi para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang, dimana untuk juara pertama kategori umum sebesar Rp 1 juta rupiah dan piala, juara kedua sebesar Rp 800 ribu dan piala, dan untuk juara ketiga mendapatkan sebesar Rp 600 ribu dan piala. Sedangkan kategori ibu-ibu, juara pertama akan mendapatkan sebesar Rp 400 ribu dan piala, juara kedua Rp 300 ribu dan piala, dan untuk jjuara ketiga mendapatkan sebesar Rp 200 ribu dan piala.

Dalam acara ini Petrokimia Gresik juga memberikan dukungan terhadap acara ini, dengan memberikan sponsorship dan mendirikan stand yang dapat memberikan edukasi terhadap pengunjung yang datang terkait pertanian dan cara mengaplikasikan pupuk secara tepat. “Hal ini sebagai dukungan Petrokimia Gresik terhadap pelestarian budaya dan menjalin kerja sama yang baik antara Petrokimia dengan pemerintahan Desa Tejo  sekaligus bentuk dukungan dalam regenerasi petani. Selain itu kami juga mendirikan stand yang nantinya dapat memberikan edukasi terhadap pengunjung yang datang terkait pertanian dan produk kami,” ucap Mochtar, selaku staf promosi Petrokimia Gresik.(Fathkurochman H & Tim SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment