Loader
 

Petrokimia Gresik Siap Dukung Program Pemkab Humbang Hasundutan

sahabatpetani.com – Dalam memastikan prouksi pertanian tetap berjalan ditengah pandemic covid-19 saat ini, Menteri Pertanian terus melakukan kunjungan ke beberapa daerah, salah satunya adalah Kabupaten Humbang Hasundutan yang dilakukan pada Sabtu (20/6).

Dalam kunjungannya, Syahrul didampingi oleh Pejabat Eselon I lingkup Kementrian Pertanian diantaranya Dirjen Hortikultura, Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen PSP, Dirjen Perkebunan, Kepala Badan Karantina Pertanian, Staf khusus Mentan. Hadir pula dalam acara tersebut beberapa pihak seperti Sekda Provinsi Sumatera Utara, pejabat dilingkup Pemprov, Pemkab, BUMN yaitu PT Petrokimia Gresik (PG).

Dalam kunjungan tersebut, Syahrul mengunjungi sentra pengembangan kentang atlantik bahan baku potato chip salah satu produsen snack di Indonesia. Selain itu Syahrul juga melakukan penanaman bawang merah dan jagung serta melakukan panen bawang putih.

Menurut Syahrul,  Kabupaten Humbang Hasundutan memilliki potensi yang sangat besar. “Setidaknya ada 3 hal yang membuat Humbang Hasundutan layak maju. Pertama, alam dan tanahnya begitu subur. Kedua, rakyat petaninya banyak. Ketiga, Bupatinya mau mati-matian memperjuangkan rakyatnya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Syahrul turut menyerahkan bantuan berupa allsintan dan benih jagung hibrida, Asuransi Usaha Tani Pertanian (AUTP), Asuransi Usaha Ternak Kerbau, dan KUR dari berbagai bank penyalur.

Petrokimia Gresik (PG) sebagai perusahan solusi agroindustri, turut hadir pula dalam kegiatan tersebut yang diwakili oleh Staf Perwakilan Penjualan Daerah (SPDP) wilayah Sumatera Utara, Handrian Farizki. Handrian menyampaikan bahwa pihaknya selalu siap dalam mendukung program pemerintah untuk pertanian berkelanjutan di Sumatera Utara dalam hal penyediaan dan pendistribusian pupuk bersubsidi maupun pupuk non subsidi.

Handrian juga menjelaskan bahwa stok dan penyaluran pupuk di Kabupaten Humbang Hasundutan, dimana realisasi pupuk subsidi hingga 20 Juni 2020 sudah mencapai 60 %. Sebagai perusahaan solusi agroindustri, Handrian siap mendukung program pemerintah melalui program “UNTUNG (Untuk Petani Unggul ) Bersama Petrokimia Gresik”.

“Salah satu bentuk kegiatan dari program UNTUNG ini adalah demplot dan pandampingan berupa Agriculture Coaching Clinic kepada kelompok tani beserta Petugas Petani Lapang (PPL). Saat ini sendiri sudah ada 6 titik demplot yang tersebar di Kabupaten Humbang Hasundutan. Harapannya program UNTUNG ini nanti dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani,” ujarnya.(SP)

Editor : Fachtur/Adhit

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment