Loader
 

Petrokimia Gresik Siap Mendukung PPM Pemkab Bojonegoro

sahabatpetani.com – Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya, sejumlah program telah dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Tidak terkecuali untuk para petani dalam menigkatkan kesejahteraan di era pandemi saat ini. Salah satu terobosan yang dilakukan Pemkab Bojonegoro adalah menginisiasi Program Petani Mandiri (PPM) yang sudah berjalan sejak 2019 lalu.

Bupati Kabupaten Bojonegoro, Anna Muawanah menjelaskan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statitika (BPS) bahwa sebagian besar masyarakat Bojonegoro adalah petani. Sehingga program PPM menjadi prioritas Pemkab Bojonegoro. Anna juga menjelaskan untuk mendukung program ini dan mejaga ketersediaan pangan ditengah pandemic covid-19,  Pemkab telah menggelontorkan  dana sebesar 21 miliar.

Menurut Anna, jika pertanian sejahtera, kesejahteraan perekonomi an yang lainnya akan mengikuti. “Jika petani sejahtera, semua sektor ekonomi ikut sejahtera,” tutur Anna.

Pada tahun 2019 lalu telah dibagikan 19.966 kartu PPM. Adapun hingga bulan Juni 2020 telah didistribusikan kartu PPM sebanyak 47.278 kartu PPM yang disalurkan dan anggaran yang direalisasikan Rp 21,4 miliar.

Syarat agar mendapat hibah PPM sendiri petani harus tergabung dalam kelompok Tani karena sesuai dengan regulasinya penerima hibah tidak boleh perorangan.

Petrokimia Gresik selaku perusahaan solusi agroindustri, senantiasa berkomitmen mendukung program-program pemerintah dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani di seluruh nusantara. 

Endi selaku Staf Perwakilan Penjualan Daerah (SPDP) PT Petrokimia Gresik untuk wilayah Bojonegoro, Ngawi dan Magetan mengatakan. Petrokimia Gresik siap berkomitmen membantu dalam mengawal program tersebut. Dalam program ini, Pemkab Bojonegoro memberikan bantuan uang tunai yang akan dikonversikan petani dalam bentuk agro input, seperti pupuk, benih dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah, petani di wilayah Bojonegoro sudah sangat mengenal dan menyukai pupuk NPK Phonska Plus, sehingga bantuan dana yang diberikan Pemkab Bojonegoro untuk meningkatkan produktifitas, langsung dibelikan para petani dalam bentuk pupuk NPK Phonska Plus.”

Endi menambahakan “Pupuk NPK Phonska Plus di Bojonegoro, kebanyakan digunakan pada petani komoditas padi, karena memang mayoritas petani disini adalah petani pangan”.

Selain program PMM, PT Petrokimia Gresik selalu mendukung program-program pertanian di Kabupaten Bojonegoro, program-program tersebut meliputi demplot, sosialisasi dan mobil uji tanah.(SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment