Loader
 

Petrokimia Gresik Terapkan Omni Channel Untuk Tingkatkan Kinerja

Sahabatpetani.com – Petrokimia Gresik selaku perusahaan solusi agroindustri terus melakukan berbagai inovasi dalam meningkatkan kinerjanya. Salah satu langkah tersebut bergesernya strategi bisnis dari product driven ke market driven. Semakin ketatnya persaingan dalam indutri pupuk, yang diandai dengan banyaknya produk impor, menuntut perusahaan PT Petrokimia Gresik untuk dapat mempersiapkan infrasuktur, SDM, maupun kommponen pendukung lainnya untuk mendukung terwujudnya transformasi bisnis.

Adapun beberap kegiatan yang telah dilakukan oleh Petrokimia Gresik, meliputi tiga pilar yaitu. Pertama, digitalisasi sistem marketing dan sales intelligence. Kedua, revitalisasi kanal penjualan dengan evaluasi distributor untuk produk nonsubsidi dan penambahan kuantitas salesperson maupun armada agronomis (mobil uji tanah) yang dimiliki perusahaan. Ketiga, pengembangan kompetensi dan implementasi insentif untuk para salesperson.

Digna Jatiningih selaku Direktur Operasi & Produksi Petrokimia Gresik mengungkapkan bahwa digitalisasi telah dilakukan di berbagai aspek. “Upaya ini kami lakukan untuk mendukung bisnis perusahaan. Tujuannya, untuk meningkatkan efisiensi, mendorong cost leadership strategy, dan membangun added value bagi konsumen melalui penyediaan produk, pricing, dan keunggulan kompetitif perusahaan,” jelasnya.

Dalam memberikan kemudahan pembelian secara daring, Petrokimia Gresik memberikan kemudahan akses melalui marketplace Petromart damn Sidamarket yang dikelola anak perusahaan PT Petrosida Gresik. Selain itu, dalam mendukung kinerja perusahaan terdapat beberapa aplikasi yang telah diciptakan, antara lain ialah Digital office (paperless), Sistro (sistem antrean truk online), Petro Port (manajemen pelabuhan), Petrostar (absensi karyawan dan pemantauan kesehatan online), Go Crane (manajemen infrastruktur dan alat berat), dan aplikasi lainnya yang mendukung kecepatan proses dan optimalisasi database yang terstruktur.

“Melalui pendekatan omni, terbukti realisasi penjualan pupuk nonsubsidi, khususnya Phonska Plus pada tahun 2020 meningkat signifikan dibandingkan dua tahun sebelumnya. Sampai akhir tahun 2020, diprediksi penjualan Phonska Plus akan meningkat hingga 50% dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu, produk ini mampu menjadi market leader,” pungkas Digna. (SP)

Editor : Ahd/Ftk

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment