Loader
 

PETUNJUK TEKNIS
JAMBORE PETANI MUDA 3

 

Informasi Dasar

Nama Acara                   : JAMBORE PETANI MUDA 3

Tema Acara                    : AGROSOCIOPRENEUR UNTUK KEMAJUAN & KEBERLANGSUNGAN PERTANIAN INDONESIA

Tagline                           : #PETANIMUDABISA

Tanggal                          : September 2019 – Februari 2020

Peserta Per-Tim           : 2-3 orang

Total Hadiah                 : Puluhan Juta Rupiah

 

Waktu Pelaksanaan

Pendaftaran                                     : 10 September – 10 November 2019

Pengumuman Peserta                    : 11 November 2019

Penjurian 12 Finalis Di Gresik     : 12 – 19 November 2019

Pengumuman 3 tim terbaik          : 20 November 2019

Realisasi dan mentoring bisnis    : 21 November – 21 Februari 2020

 

Deskripsi Kegiatan   :

Jambore Petani Muda adalah program tahunan yang diadakan oleh PT Petrokimia Gresik dalam mendukung upaya regenerasi petani di Indonesia. Pada tahun 2017, Jambore Petani Muda 1 dilakukan dengan menggandeng inisiator petani muda dari seluruh Indonesia untuk membentuk sebuah komunitas yang dapat memberikan inspirasi kepada petani muda lain di Indonesia. Kemudian pada tahun 2018, Jambore Petani Muda 2  kembali dilakukan dengan menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian di Indonesia untuk mencari inovasi di bidang pertanian yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat.

Tahun 2019, PT Petrokimia Gresik kembali mengadakan kegiatan Jambore Petani Muda 3  dengan mengadakan serangkaian kegiatan, salah satunya adalah PT Petrokimia Gresik roadshow ke  Fakultas Pertanian pada 12 Universitas di Indonesia yaitu : Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Sumatera Utara, Universitas Lampung, Universitas Jember, Universitas Udayana, Universitas Hasanudin & Universitas Lambung Mangkurat . Untuk memberikan semangat kepada regenerasi penerus di sektor pertanian melalui kegiatan Sahabat Petani Fest 2019, CEO Talk dan kompetisi Agrosociopreneurship untuk kemajuan dan keberlangsungan pertanian di Indonesia.

Pada kompetisi ini, PT Petrokimia Gresik akan mencari 3 (tiga) tim terbaik yang akan mendapatkan mentoring khusus dari Agrosociopreneur  yang sudah berpengalaman di bidangnya, yaitu Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, CEO Tani Joy dan CEO Agradaya.

Kami berharap, 3 tim terbaik tidak hanya tumbuh menjadi perusahaan yang memiliki profit tinggi, tetapi juga memiliki social impact.

 

Tujuan Acara        :

Mendukung Kemajuan dan Keberlangsungan Pertanian di Indonesia  melalui Kompetisi Agrosociopreneurship 

 

Persyaratan Peserta         :

  1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan dokumen yang legal (KTP atau KK)
  2. Mahasiswa D3/D4/S1 aktif semua jurusan
  3. Tim terdiri dari 2-3 orang, ketua tim wajib berasal dari Fakultas Pertanian / Perikanan / Peternakan / Kedokteran Hewan / Teknologi Pertanian / Kehutanan
  4. Memiliki passion pada kegiatan bisnis di bidang agro, memahami isu regenerasi petani dan menyukai kegiatan sosial kemasyarakatan
  5. Siap mematuhi semua Ketentuan Jambore Petani 3 dan Persyaratan Peserta
  6. Pendaftaran dilakukan secara tim di Official Website sahabatpetani.com, pilih Jambore Petani Muda 3, dengan melampirkan persyaratan pendaftaran berupa:
  • Scan/Foto KTP
  • Pas foto terbaru
  • Portofolio/Curiculum Vitae (CV) pribadi untuk masing-masing anggota tim yang didaftarkan
  • Deskripsi ide yang akan dikembangkan
  1. Satu orang dilarang berada di dua tim secara bersamaan, jika ditemukan kedua tim akan secara otomatis terdiskualifikasi.
  2. Tiap anggota tim diwajibkan untuk:
  • Memiliki aplikasi Whatsapp dan melakukan registrasi pada website sahabatpetani.com
  • Mengupload video presentasi ide anda (durasi maksimal 4 menit) di akun youtube masing-masing dengan judul “SAHABAT PETANI – NAMA KELOMPOK, PENJELASAN SINGKAT” contoh : “SAHABAT PETANI – TANIJOY, DIGITALISASI PERTANIAN INDONESIA.
  1. Mengisi dan mengupload Surat Pernyataan orisinalitas dan kesediaan mengikuti segala peraturan dan ketentuan yang berlaku dari panitia selama mengikuti kegiatan Jambore Petani Muda 3, surat pernyataan sebagai berikut: https://drive.google.com/open?id=1T7qgpn6D1AapBXRX3v_VDTZLX_jsBKNG

 

Ketentuan Konten dalam Video Presentasi :

  1. Opening : Saat memulai suatu presentasi, awali dengan salam sederhana dan memperkenalkan diri anda.
  2. Problem : Dilanjutkan dengan penjabaran masalah yang melatar belakangi munculnya ide tim anda. Gunakan data-data realistik untuk menunjukan keseriusan bahwa masalah tersebut harus segera diselesaikan.
  3. Solution : Jelaskan bagaimana solusi dari tim anda, baik berupa ide maupun langkah-langkah yang telah tim anda lakukan. Untuk meyakinkan bahwa solusi yang anda tawarkan dapat menjawab permasalahan.
  4. Keunikan Business & Competitor Analysis : Ide anda akan memiliki kompetitor, berilah penjelasan mengenai keunikan ide dari tim anda.
  5. Growth Plan : Setelah itu, jelaskan bagaimana tim anda merealisasikan ide tersebut dan jelaskan juga bagaimana rencana jangka panjangnya.
  6. Team : Perkenalkan seluruh anggota tim anda, jelaskan mengapa komposisi tim anda merupakan alasan yang tepat untuk memberikan solusi atas suatu masalah.
  7. Closing : Ucapkan terima kasih/kata penutup/salam penutup dengan menyertakan hashtag #PETANIMUDABISA.
  8. Resolusi video minimal sebesar 480p.
  9. Durasi video maksimal 4 menit.
  10. Wajib mencantumkan logo PT Petrokimia Gresik dan Jambore Petani Muda 3 di akhir video. Logo tersebut dapat anda download di link berikut https://drive.google.com/open?id=1Gz9QVXFVW9U7Za3silnlJFklWorG3l6d
  11. Contoh video presentasi dapat anda lihat di link berikut https://youtu.be/tre2IB46Khs

Ruang Lingkup Materi Presentasi :

  1. Identifikasi Masalah
  2. Ide
  3. Peluang
  4. Manfaat (Ekonomi & Sosial)
  5. Implementasi Teknis
  6. kelayakan Usaha

 

Fasilitas finalis :

3 Tim terbaik akan memperoleh mentoring khusus dari CEO TANIJOY dan CEO AGRADAYA selama 3 bulan

 

Ketentuan Lomba :

  1. Jumlah anggota tim tiap Peserta adalah final dan tidak bisa dirubah.
  2. Ketua Tim bisa mengganti anggota timnya selama jumlah anggota timnya sama dengan jumlah anggota yang datanya diisi ketika pendaftaran.
  3. Ketua Tim tidak bisa mengganti dirinya sendiri, Ketua Tim yang mengundurkan diri berarti semua Tim dianggap mengundurkan diri.
  4. Solusi yang dibuat boleh berupa proses bisnis yang sudah dijalankan sebelumnya/ proses bisnis baru.
  5. Dengan mendaftarkan ide proses bisnis, setiap peserta menjamin bahwa ide tersebut adalah hasil karya asli, tanpa melanggar hak kekayaan intelektual atau hak lain dari pihak ketiga.
  6. Solusi yang diajukan harus informatif, tidak mengandung SARA, atau menyinggung suatu kelompok, komunitas, dan afiliasi lain serta tidak memiliki afiliasi dengan partai politik. Peserta tidak diperkenankan untuk membuat konten yang mengandung kebencian, kekerasan, pelecehan, rasisme, intoleransi seksual, agama atau politik, atau konten yang berpotensi mengejutkan atau mengganggu, dan/atau konten yang eksploitatif atau tampaknya tidak adil memanfaatkan dengan mengorbankan pihak lain. Penyelenggara juga tidak mengizinkan konten apapun yang melanggar hukum di Indonesia.
  7. Solusi yang diajukan adalah solusi yang belum pernah memenangkan penghargaan atau kompetisi lain sebelumnya, pelanggaran terhadap poin ini dapat mengakibatkan diskualifikasi peserta.
  8. Peserta mengizinkan penyelenggara untuk merekam dan mengambil gambar selama rangkaian acara dan akan digunakan untuk publikasi dan kegiatan promosi di media apapun.
  9. Materi dan video peserta menjadi hak milik panitia.

 

 

Kontak Person Jambore Petani Muda 3

Asep (0822 3228 4518)

Adhit (0812 7156 8006)