Loader
 

PHONSKA PLUS DUKUNG TINGKATKAN KUALITAS & KUANTITAS PRODUKTIVITAS PANEN

sahabatpetani.com – Petrokimia Gresik sebagai perusahaan solusi agroindusitri dan sebagai anggota holding Pupuk Indonesia Group tak henti-hentinya dalam mendukung meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia. Salah satunya seperti tanam perdana kentang yang dilakukan di Desa Karyamekar, Kec. Pasirwangi, Kabupaten Garut pada Selasa (11/2/2020).

Pada kegiatan tersebut Direktur Utama Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi secara simbolis melakukan penanaman bibit kentang sebagai tanda dimulainya tanam perdana. Tanam perdana ini dilakukan di lahan demplot Petrokimia Gresik seluas 0,5 Ha.

Pada acara tersebut dihadiri pula Bapak Camat dari Kecamatan Pasirwangi, Pejabat Eselon I dan II PT Petrokimia Gresik, Direktur Anak Perusahaan Petrokimia Gresik, FORPIMKA Kecamatan Pasirwangi, Penyuluh Pertanian di Kecamatan Pasirwangi, dan para undangan.

Dengan anak perusahaan yaitu dengan adanya kegiatan ini PT Petrokimia Gresik bersama anak perusahaan  PT Petrokimia Kayaku dan PT Petrosida Gresik bersama-sama ingin dekat dan belajar dengan petani melalui kegiatan ini. “Kami yakin sepenuhnya, bahwa dengan terus bersama stakeholder pertanian, kami dapat terus tumbuh untuk mendukung program-program pemerintah dan pada akhirnya adalah kesejahteraan petani”, ujarnya.

Demplot yang dilakukan pada luasan 0,5 Ha ini menggunakan salah satu pupuk unggulan Petrokimia Gresik, yaitu NPK Phonska Plus. Pupuk majemuk berimbang dengan formula 15-15-15 ini memiliki kandungan yang lebih dibandingkan dengan pupuk NPK Phonska. Pupuk NPK Phonska Plus ini merupakan Pupuk NPK generasi terbaru, dengan unsur hara NPK seimbang yang diperkaya Zink dan Sulfur.

Pemilihan unsur hara mikro zink pada NPK Phonska Plus ini, berdasarkan data dari Organisasi Pupuk Dunia, kekurangan unsur hara Zink (Zn) merupakan kekurangan unsur hara mikro yang paling banyak ditemukan di lahan pertanian dunia, termasuk di Indonesia. “NPK Phonska Plus ini telah melalui banyak uji coba demplot di berbagai provinsi di Indonesia, dimana secara umum penambahan Zn pada pupuk NPK Phonska Plus ini dapat meningkatkan produktivitas 13% dibandingkan dengan hasil petani yang belum menggunakan NPK Phonska Plus, artinya petani mendapatkan penambahan produksi panen dan tentunya juga akan dapat meningkatkan pendapatan petani sehingga menjadi petani yang sejahtera”, ujar Rahmad.

Selain menggunakan Pupuk NPK Phonska Plus, pada demplot kali ini juga, diberikahan penambahan pupuk organik yaitu Petroganik yang berfungsi untuk meningkatkan kandungan organik dalam tanah dan memperbaiki struktur tanah. Selain menggunakan Petroganik pada demplot kali ini juga lahan  ditambahkan pupuk ZA.

Selain memperkenalkan NPK Phonska Plus, pada kesempatan tersebut Rahmad juga menegenalkan produk baru Petrokimia Gresik yaitu NPK Petro Nitrat. Pupuk NPK Petro Nitrat merupakan pupuk NPK dengan kombinasi nitrogen optimal dalam bentuk nitrat yang langsung tersedia bagi tanaman dan ammonium sebagai cadangan nitrogen yang tersedia secara perlahan. Diperkaya Phospat dan Kalium guna mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan kualitas serta hasil panen secara optimal.

Dengan pemberian pupuk yang berimbang dan tepat, tentu mampu meningkatkan produktivitas hasil panen. “Oleh karena itu, melalui tanam perdana pada demplot komoditas kentang kali ini Petrokimia Gresik ingin memeberikan percontohan pada petani sekitar yang nantinya formulasi pemupukan berimbang kami dapat sebagai acuan dan edukasi bagi petani sekitar”’ pungkas Rahmad.(SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment