Loader
 

Phonska Plus Tingkatkan Panen di Lahan milik Kumaidi

sahabatpetani.com, Banjarnegara – Sudah berbilang kali produk unggulan Petrokimia Gresik, pupuk Phonska Plus berhasil dalam meningkatkan hasil panen. Kali ini yang merasakan dampak dari kualitas Phonska Plus adalah Kumaidi, seorang petani kentang dari Desa Batur, Kecamatan Banjarnegara.

Ayah 2 orang anak ini mengaku telah menggunakan Phonska Plus sejak 3 tahun lalu dan hasilnya sangat bagus. “Saya sudah menggunakan Phonska Plus sejak 2016 lalu dan selama saya menggunakan Phonska Plus, hasilnya tidak pernah mengecewakan,” ujarnya.

Kumaidi mengatakan “Kalo pakai Phonska Plus itu lebih lambat pertumbuhan vegetatifnya tapi hasilnya memuaskan. Beda kalo pakai pupuk lain yang pertumbuhan vegetatifnya cepat tapi hasilnya kurang memuaskan ”.

Kumaidi juga menambahkan bahwa setelah memakai Phonska Plus, Buahnya lebih bagus dan batangnya lebih kuat dan tidak mudah roboh.Dengan menggunkan Phonska Plus, 1 rit-nya (0,5 ha) dapat menghasilkan 7,5 ton.

Dengan lahan miliknya seluas 1,5 ha, Ia dapat panen sebesar 23 ton. “Panen kali ini saya dapat 23 ton dengan luasan milik saya 3 rit. Panen kali ini sangat bagus mengingat cuacanya kurang bagus tapi masih bisa panen mencapai 23 ton.” Terangnya.

“kalo cuaca mendukung dan pengairan cukup, saya pernah panen mencapai 30 ton utuk luasan 1,5 ha dengan bibit hanya 2 ton,” imbuhnya.

Selain menggunakan Phonska Plus, Kumaidi juga menggunakan ZA sebagai pendukung perkembangan vegetatif dan generatif. Selain itu, Kumaidi juga menggunakan Petroganik untuk meningkatkan kandungan organik di dalam tanah dan membenahi struktur tanah.(SP/Foto: R.Junianto)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment