Loader
 

Pupuk Indonesia Tampil di Asia Agriculture and Food Forum 2020

sahabatpetani.com – Indonesia menggelar Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2020 untuk kali kedua. Acara ini menjadi ajang bagi pameran produk tani unggulan dan kolaborasi antarnegara serta antarpebisnis di Kawasan Asia yang digelar pada 12-14 Maret 2020 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat yang diikuti sekitar 20 negara dari Tiongkok, Vietnam, Thailand, Jepang, Malaysia dan lainnya.

Staf kepresidenan RI yang juga Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menyatakan forum ini diharapkan menghasilkan sinergi dan kolaborasi dalam memenuhi kebutuhan pangan di Asia. ”Peran dan posisi Asia dalam produksi pertanian global sangat besar. Kolaborasi akan membangun ketahanan pangan negara-negara Asia dan menjamin ketersediaan pangan dunia,” kata Moeldoko

Ia juga menambahkan, forum ini menjadi ajang mencari solusi pada permasalahan di sekitar petani. “Dan menjadi ajang rutin sebagai wadah pertemuan stakeholders pertanian untuk membahas isu-isu strategis pertanian di kawasan Asia dan membangun kerja sama government to goverment (G2G) dan business to business (B2B). Terutama dalam kebijakan pertanian, budidaya pertanian, teknologi pertanian, dan bisnis sektor pertanian dalam arti luas termasuk perikanan dan peternakan,” kata dia.

Sebelum masuk ke pameran ini, semua peserta dan pengunjung wajib melakukan scanning virus corona dengan melakukan pengisian formulir pernyataan dan pengecekan suhu tubuh demi menjaga keamanan dan kenyamanan selama kegiatan berlangsung.

Staf Komunikasi Pemasaran Pupuk Indonesia, Rashid Imanshah mengatakan holding company pupuk Indonesia turut memeriahkan pameran tahun ini. “Disini mewakili pupuk Indonesia dengan sponsor emerald, pupuk Indonesia adalah holding company dari 5 anak usaha yang bergerak diprodusen pupuk, diantaranya Petrokimia Gresik, Pupuk Kalimantan Timur, Pupuk Sriwidjaja Palembang, Pupuk Kujang Cikampek dan Pupuk Iskandar Muda yang turut memeriahkan acara ini,” kata Rasid.

Rashid juga mengatakan di booth pupuk Indonesia ini memberikan edukasi kepada pengunjung, “Kita melakukan brand activation dengan memberikan pelayanan konsultasi terkait pertanian, selain itu juga diadakan fun game, seperti golf mini, darts, kompetisi goyang asik, upload foto dan vlog kece untuk mendapatkan merchandise menarik.

Dalam kesempatan ini, sahabat petani sebagai media informasi pemasaran sekaligus wadah penyebaran informasi dunia pertanian yang peduli, inspriratif dan mencerdaskan juga ikut andil dalam kegiatan tersebut melalui pembagian tabloid dan pin sahabat petani dengan tujuan mengenalkan lebih dekat kepada pengunjung pameran untuk keberlangsungan pertanian Indonesia.

Selain ratusan booth yang turut menyemarakkan pameran ini, juga dimeriahkan oleh penampilan D’BAGINDAZ, Diskopantera, Didi Kempot & Conny Nurlita.

Di hari terakhir pameran, HKTI mengumumkan percepatan penutupan ASAFF 2020 yang terjadwal tanggal 14 Maret 2020 pukul 14.00 WIB menjadi pukul 09.00 WIB. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran virus COVID-19 yang ditetapkan oleh WTO (World Trade Organization) yang juga mengacu pada protokol WHO (World Health Organization) dan Instruksi Gubernur DKI.

HKTI memohon maaf atas ketidaknyamanannya dan mengucapkan terimakasih atas dukungan, partisipasi dan peran serta masyarakat umum yang turut mensukseskan ASAFF 2020. (fajar/sahabat petani)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment