Loader
 

Sahabat Petani Peduli Petani dan Penyuluh Pertanian

sahabatpetani.com – Tak hanya sebagai media informasi dan edukatif bagi para pembacanya, Sahabat Petani sebagai media pemasaran PT Petrokimia Gresik menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada para petani dan penyuluh pertanian yang terkena dampak bencana Gempa dan Longsor di beberapa Kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat (10/1). Sejumlah bantuan berbentuk pangan dan sandang tersebut berjumlah 2 truk yang langsung diserahkan oleh Junianto Simaremare selaku Pimpinan redaksi sekaligus Manager Promosi & Perencanaan Pemasaran bersama Siti Nuriaty selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Bogor.

“Dari beberapa wilayah di Kabupaten Bogor yang mengalami dampak bencana banjir dan longsor, Kecamatan Nanggung, Jasinga, Cigudeg & Sukajaya menjadi wilayah dengan kerusakan lahan pertanian yang cukup besar. Informasi yang kami terima dari DTPHP bahwa bayak sawah dan lahan pertanian yang rusak karena kerendam air, serta tidak sedikit tempat tinggal para petani dan penyuluh pertanian yang juga terkena dampaknya” ujar Manager Promosi & Perencanaan Pemasaran.

Pada kesempatan tersebut, bantuan yang diberikan oleh Junianto Simaremare secara simbolis diserahkan kepada ketua kelompok tani dari perwakilan Kecamatan Nanggung, Jasinga, Cigudeg & Sukajaya. Selain itu, bantuan juga secara simbolis diberikan Kepada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan kepada perwakilan penyuluh pertanian.

Penyerahan bantuan secara simbolis kepada Ketua kelompok tani dari perwakilan Kecamatan Nanggung, Jasinga, Cigudeg & Sukajaya.

Pada kesempatan tersebut, Junianto berharap bantuan sosial yang diberikan kepada petani dan penyuluh pertanian bisa bermanfaat serta mampu meringankan beban yang dirasakan para korban di tenda pengungsian. “Bantuan sosial yang Petrokimia Gresik salurkan telah disesuaikan dengan kebutuhan utama para korban, yaitu berupa : beras, minyak tanah, mie instan, air mineral, popok bayi, susu, telur serta selimut” ujar Junianto.

Warga bahu-membahu menyalurkan bantuan pangan dan sandang.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bogor, Ir. Siti Nurianty, M.M., banyak sawah dan lahan pertanian rusak terendam air, serta banyak tempat tinggal para petani dan penyuluh pertanian juga terdampak. Selain itu, setidaknya ada 42 rumah di Kampung Ciasahan yang juga terdampak luapan sungai.Dalam bencana banjir yang melanda tersebut juga menyebabkan jembatan penghubung kampung ikut terbawa arus banjir juga.

Jembatan penghubung kampung hanyut terbawa luapan Sungai Ciasahan

Bencana alam terjadi akibat sanggat tingginya curah hujan sejak Rabu (1/1/2020) dini hari hingga jelang siang lalu. Sebagai informasi, banjir dan longsor melanda 14 Kecamatan di Kabupaten Bogor, diantaranya adalah Kecamatan Nanggung,Jasinga, Cigudeg, Sukajaya, Parung Panjang, Babakan Madang, Cibinong, Citeurup, Cileungsi dan Gunung Pati.(sahabat petani)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment