Loader
 

Siap Layani Petani, Wagub Sulsel Launching Mobil Uji Tanah Petrokimia Gresik

sahabatpetani.com – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman melakukan launching salah satu inovasi Petrokimia Gresik yaitu Mobil Uji Tanah (MUT) di Halaman Kantor Gubernur Rabu (2/9/2020).

Andi, mengklaim bahwa Mobil Uji Tanah ini sangat bermanfaat dalam mengetahui kondisi tanah pertanian di wilayah Sulawesi Selatan, sehingga dapat mempermudah pemupukan sesuai dengan kondisi tanahnya.

Menurut Beliau, salah satu persoalan yang dihadapi petani saat ini adalah kurang mengetahuinya petani terhadap kondisi kesuburan lahannya. Sehingga hasil produktivitas kurang maksimal. Petani terkadang tidak memahami kondisi tanah yang ditanami jadi hasilnya kurang maksimal,sehingga harapan kita dengan hadirnya mobil uji tanah ini persoalan ini dapat diatasi,”jelasnya.

“Inovasi ini kita apresiasi, dengan begini petani di Sulawesi Selatan dapat memberikan pupuk  lebih tepat sesuai dengan anjuran yang direkomendasikan PT Petrokimia Gresik. Mobil ini berfungsi sebagai laboratorium berjalan yang dilengkapi dengan alat uji tanah.

Peninjauan langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan

Sebelum melakukan kegiatan budidaya, lahan petani harus dicek dahulu kondisi kesuburannya. Kelebihan mobil uji tanah ini, petani bisa langsung mengecek tanahnya ditempat. Mobil ini bisa menjangkau bahkan ribuan lokasi, sehingga bisa bergerak kemana saja di daerah yang membutuhkan,”imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Vice Presiden Penjualan Retail wilayah II  PT Petrokimia Gresik , Muhammad Ihwan F beserta Staf Penjualan Daerah Perwakilan wilayah Sulawesi.

Ihwan mengatakan bahwa Mobil Uji Tanah ini sebagai bentuk layanan Petrokimia Gresik terhadap petani. “Selama ini, petani merasa kesulitan dalam memilih jenis pupuk yang akan digunakan, dengan hadirnya mobil ini diharapkan mempermudah permasalahan itu, sehingga petani akan mudah memberikan dosis pupuk di setiap tanah yang diuji” ucapnya.

Hadirnya Mobil Uji Tanah juga merupakan bagian dari langkah Petrokimia Gresik untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. Dimana ketersediaan pangan di masa wabah ini menjadi prioritas utama Petrokimia Gresik juga akan terus berupaya optimal untuk menghadirkan solusi agroindustri terbaik untuk Indonesia khususnya dalam menjaga ketahanan pangan serta pertanian yang berkelanjutan.

“Petrokimia Gresik juga akan terus berupaya optimal untuk menghadirkan solusi agroindustri terbaik untuk Indonesia khususnya dalam menjaga ketahanan pangan serta pertanian yang berkelanjutan,” pungkasnya. (SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment