Loader
 

Terbukti Hasilnya, Penggunaan Pupuk Phonska Plus Kembali Tingkatkan Hasill Panen

sahabatpetani.com – Selasa (9/6) telah dilaksanakan panen padi pada lahan Demplot P4 (Program Peningkatan Produktivitas Pangan) PT Petrokimia Gresik di Desa Tanuharjo Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen. Demplot P4 dilaksanakan oleh kelompok tani kismo raharjo. Pada kegiatan panen tersebut dihadiri oleh berbagai stakeholder diantaranya : Kasi Pupuk, Pestisida dan Alsintan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Kasi Pemerintahan Kecamatan Alian, Babinsa Koramil 09, PPL,  Staf Penjualan Daerah Penjualan (SPDP) PT Petrokimia Gresik wilayah Kebumen dan Petugas Penjualan Daerah (PPD) PT Petrokimia Gresik wilayah Kebumen.

Program Peningkatan Produktivitas Pangan (P4) sendiri merupakan kegiatan untuk meningkatkan hasil produktivitas pangan dengan penerapan budidaya tanaman yang tepat. Tujuannya adalah kegiatan dukungan BUMN terhadap stakeholder yaitu Dinas Pertanian terkait untuk meningkatkan produksi padi di wilayahnya. Program ini digalakan oleh PT Petrokimia Gresik dengan membuat Demplot seluas 0.5 Ha sebagai upaya pembuktian keberhasilan aplikasi teknologi pemupukan berimbang. Demplot diberikan pada Kelompok Tani Kismo Raharjo dengan mengaplikasikan pupuk Urea 100 kg, Phonska 100 kg, Phonska Plus 50 kg, dan Petroganik 280 kg. Pupuk tersebut diaplikasikan secara berimbang pada tanaman padi varietas Inpari 10 di demplot seluas 0,5 Ha dengan sistem tanam jajar legowo 2:1.

Acara diawali dengan melakukan ubinan langsung dengan melakukan pengambilan sampel di tiga titik, yaitu diambil dari petak dengan ukuran 3 m x 4 m. Hasil ubinan dari tiga titik petak rata – rata adalah 8,9 kg yang artinya jika dikonversikan, diperkirakan produktivitasnya sebesar 74,1 Kw/Ha GKP dengan rata – rata jumlah rumpun 154, jumlah anakan rata – rata 22 dan jumlah bulir rata – rata 145.

Setelah ubinan selesai acara dilanjutkan dengan ramah tamah, sambutan – sambutan, dan laporan hasil ubinan. Sambutan pertama oleh Bapak Sukandar selaku pengurus Kelompok Tani Kismo Raharjo yang mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada PT Petrokimia Gresik atas bantuan demplot dan pupuknya. Mengucakan terimakasih juga kepada PPL yang telah medampingi program P4 ini. “saya sangat berteima kasih dengan adanya demplot ini, hasil panen saya jadi meningkat yang awalnya 6.,5 ton/Ha seetelah dilakukan demplot menjadi 7,4 ton/Ha. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu PPL yang selalu melakukan pendampingan pada program P4 ini,” jelasnya.

 Sambutan dilanjutkan oleh Tim teknis dari Dinas Peranian Dan Pangan Kabupaten Kebumen, Bapak Istiantoro. Beliau mengungkapkan apresiasinya dan dukungan penuh pada P4 sebagai program yang sangat bagus dalam upaya peningkatan produktivitas pangan. “Saya sangat mengapresiasi program ini P4 ini, program ini merupakan program yang sangat bagus, sehingga harpannya swasembada pangan dapat terwujud. Saya berharap program ini terus ada dan berkelanjutan,” terangnya.

Sambutan inti disampaikan oleh Tim dari PT Petrokimia Gresik beliau Bapak Agus Irianto dan Bapak Agung Iswardono selaku enumerator Program P4. Terkait Program P4 ini, pihak Petrokimia Gresik  menyatakan bahwa pemberian bantuan pupuk pada demplot benar – benar dimanfaatkan sesuai juknis dan juklak P4. Hal ini dapat dijadikan percontohan aplikasi pemupukan berimbang dengan mengaplikasikan pupuk Urea, Phonska, Phonska plus, dan Petroganik secara berimbang sehingga dapat meningkatkan produktivitas pangan.

Acara terakhir yaitu tasyakuran atas rizki berupa panen yang melimpah dan doa bersama oleh semua yang hadir memohon agar dimudahkan dan diberikan kelancaran dalam budidaya padi di musim tanam berikutnya dengan mengaplikasikan pupuk dari Petrokimia Gresik secara berimbang sehingga dapat menghasilkan produksi yang melimpah.
(Agus PPD Kebumen)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment