Loader
 

Terbukti Hasilnya, Phonska Plus Tingkatkan Panen Di Demplot P4 Kebumen

sahabatpetani.com – Demplot Program Peningkatan Produksi Pangan (P4) dengan menerapkan pemupukan berimbang menggunakan phonska plus di Kabupaten Kebumen membuahkan hasil yang gemilang. Dari hasil panen yang telah dilakukan di tiga Kecamatan yaitu kecamatan Suweng, Kec. Petanahan, dan kecamatan Pejagoan menunjukkan adanya hasil peningkatan produktivitas hasil panen. Dari hasil panen yang telah dilakukan pada 3 kecamatan tersebut, terjadi kenaikan hasil panen sebesar 1,6 ton/ha dari kebiasaan petani yang pada umumnya hasil panen hanya 7,2 ton/ha, namun pada demplot kali ini mendapatkan 8,8 ton/ha.

Menurut Agung Iswardono dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, mengatakan bahwa hasil ini meningkat setelah menerapkan pemberian pupuk secara tepat“Dari hasil ubinan dengan mengambil dari 3 titik sampel menghasilkan ubinan sebesar 5,8 kg Gabah Kering Panen (GKP) atau jika dikonversikan sekitar 8,8 ton/ha. hasil ini luar biasa setelah menerapkan pemupukan secara tepat dan berimbang,” terangnya.

Penimbangan ubinan oleh Penyuluh Pertanian sekitar

Demplot P4 menerapkan sistem teknologi pemupukan berimbang menggunakan pupuk NPK Phonska Plus yang merupakan salah satu produk unggulan PT Petrokimia Gresik (PG). Phonska Plus sendiri merupakan pupuk majemuk generasi baru Petrokimia Gresik dengan kandungan NPK 15-15-15 yang diperkaya 9% Sulfur dan unsur hara mikro esensial Zink (Zn) sebesar 2.000 ppm yang sangat dibutuhkan tanaman.

Berdasarkan data Organisasi Pupuk Dunia, sebagian besar lahan pertanian di dunia, termasuk di Indonesia kekurangan unsur hara mikro Zink. Padahal Zink merupakan faktor penting yang dapat memaksimalkan pertumbuhan vegetatif serta pembentukan bunga dan buah pada tanaman. Oleh karena itulah unsur hara mikro zink ditambahkan dalam NPK Phonska Plus.   

Selain mengaplikasikan NPK Phonska Plus, dalam demplot ini juga diaplikasikan  pupuk urea. Selain itu juga diaplikasikan pupuk organik Petroganik yang berfungsi memperkaya unsur C-organik dalam tanah dan memperbaiki struktur tanah baik dari segi fisik, kimia, maupun biologi.

Menurut Dani selaku Staf Perwakilan Daerah Penjualan (SPDP) PT Petrokimia Gresik wilayah Kabupaten Kebumen, bahwa demplot ini merupakan salah satu bentuk edukasi dan sebagai percontohan bagi para petani sekitar. “Alhamdulillah dari panen yang telah dilakukan terlihat peningkatan yang signifikan. Harapannya demplot Program Peningkatan Produksi Pangan (P4) dengan menerapkan pemupukan berimbang menggunakan NPK Phonska Plus ini dapat menjadi percontohan dan edukasi bagi petani sekitar untuk diterapkan pada masing masing lahan milik mereka yang harapannya nanti dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” terangnya.

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment