Loader
 

Tetap Awet Muda Dengan Konsumsi Mentimun

sahabatpetani.com – Mentimun atau ketimun merupakan merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah dan termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Pada umumnya, mentimun dipanen ketika belum masak benar. Biasanya mentimun digunakan untuk sayur dan penyejuk karena banayak mengandung air. Di Indonesia sendiri mentimun biasanya digunakan sebagai pelengkap dalam makanan lalapan.

Selain segar dan kaya akan manfaat, ternyata mentimun juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Menurut para ahli kesehatan dan gizi menyatakan bahwa pada dasarnya mengonsumsi timun dapat menggalakkan kecukupan gizi dan kesehatan serta berguna untuk kecantikan. Dalam mentimun terdapat kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti: protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, Vitamin C, dan masih banyak lagi.

Buah mentimun dapat memberikan fungsi farmakologis yang dapat berguna sebagai penyegar badan, penyejuk, peluruh kencing, menghaluskan dan melemaskan kulit. Selain itu mentimun termasuk buah yang mudah dalam dicerna dan berkhasiat obat, berikut beberapa manfaat mentimun:

  1. Mencegah kehausan yang berlebihan. Sifat diuretik saat mengonsumsi mentimun dapat mencegah rasa haus yang berlebihan dan dapat membantu memperlancar pencernaan.
  2. Dapat memperlancar buang air kecil. Minum segelas penuh sari mentimun dicampur dengan sesendok teh madu dan sesendok teh sari jeruk nipis segar, dua kali sehari dapat memperlancar buang air kecil bagi penderita penyakit darah tinggi, dan keracunan.
  3. Kandungan sapionin yang terdapat dalam mentimun dapat bermanfaat untuk antikanker, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Menjaga ginjal tetap sehat. Kandungan yang terdapat dalam mentimun membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.
  5. Mengurangi Bengkak disekitar mata. Kandungan asam askorbat yang terkandung dalam mentimun berguna untuk mengurangi pembengkakan di sekitar mata.
  6. Menguatkan rambut. Jus timun bermanfaat untuk pertumbuhan atau menguatkan rambut karena kandungan silikon, sulfur sodium, fosfor, dan kalsium.

Selain berguna untuk mengobati dan mencegah penyakit, timun juga bermanfaat untuk kulit. Tentu semua orang ingin mempunyai kulitĀ  yang bersih dan sehat. Namun terkadang kita berpikir bahwa untuk memiliki kulit yang sehat dan bagus harus mengeluarkan banyak uang. Namun untuk memiliki yang sehat dan bagus kita dapat memanfaatkan mentimun untuk menjaga dan memiliki kulit yang sehat dan bagus. Beberapa manfaat mentimun untuk menjaga kesegaran dan kesehatan kulit:

  1. Menjaga kelembapan kulit. Mentimun mengandung 95 % air yang berguna untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan lembap, sehingga kulit tidak mudah kering.
  2. Membalikkan tanning kulit. Mentimun mengandung properti pemutih ringan yang dapat membalikkan tanning kulit sehingga mendapatkan kulit muda dan bersinar.
  3. Berguna untuk kecantikan. Dengan mengoleskan parutan mentimun pada muka dan leher lalu biarka selama setengah jam, dapat mencegah jerawat, wajah berkerut, dan kekeringan kulit.
  4. Peremajaan kulit. Dengan menambahkan jus mentimun dengan beberapa tetes jus lemon dan digunakan sebagai masker.(Farm Big Book/foto: doktersehat.com)
About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment