Loader
 

Tingkatkan Pengetahuan dan Inovasi, Petrokimia Gresik Adakan Acara Sharing Bersama Petani Handal

sahabatpetani.com – Petrokimia Gresik berupaya konsisten dalam meningkatkan pengetahuan dan inovasi karyawannya, hal ini terlihat dalam acara sharing bersama petani handal yang diadakan oleh Departemen Promosi dan Perencanaan Pemasaran pada 14-15 Oktober 2019 di Ruang Kendedes, Gedung Graha.

Acara yang dimulai hari ini dihadiri langsung oleh Manager Promosi dan Perencanaan Pemasaran, Junianto Simare Mare; Manager Korporasi, Trudo Nainggolan; Edy Lusi, petani sukses Buah Naga dan Jeruk dari Banyuwangi; Edi Donggi, petani sukses Cabai dan Tomat dari Bojonegoro, serta 32 pesesrta gabungan dari staf Departemen Promosi dan Perencanaan Pemasaran (PROMCANSAR),  Departemen Penjualan Produk Pengembangan (P3), Departemen Penjualan Ritel wilayah I (PRW I), Departemen Penjualan Ritel Wilayah II (PRW II), Departemen Riset Pupuk dan Produk Hayati (RPPH), serta Departemen Riset Pemuliaan dan Pengolahan Hasil Tanaman (RPPHT).  

Dalam sambutannya sekaligus pembuka acara, Junianto Simare Mare mengharapkan dengan didatangkan petani sukses agar para staf dapat menambah dan sharing dengan petani handal. ”Dengan mendatangkan petani sukses sekaligus pelaku utama, diharapkan teman-teman dapat menambah wawasan sekaligus pengetahuan, sehingga tidak hanya teori namun secara praktik juga.” ujarnya.

Junianto Simare Mare juga menambahkan, “Kedepannya agar Departemen Riset bisa menciptakan pupuk spesifik komoditi, misal spesifik untuk buah naga.”

Acara ini juga bertujuan sebagai wadah diskusi antara narasumber dengan peserta. Edy Lusi mengatakan, “Melihat buah naga merupakan tanaman yang memiliki prospek yang baik ke depannya, saya memilih budidaya buah naga karena setiap bulan bisa panen dan pemasarannya sudah bisa diekspor sampai China, Qatar dan Korea untuk grade A dan B, sedangkan grade C pemasarannya diarahkan ke industri rumahan sebagai keripik dan dodol, jadi sudah ada wadahnya”, ujarnya.

Budidaya buah naga perlu manajemen yang baik, pengairan, pencahayaan, dan pemupukan yang tepat. “Kenapa pilih pupuk yang mahal dan bagus, jika ada pupuk yang bagus dan murah contohnya NPK Petro Nitrat dan NPK Phonska Plus.” tambahnya.

Selain berbicara luas mengenai budidaya buah naga yang membuat peserta antusias bertanya, ia juga berbicara mengenai budidaya buah jeruk. Dalam sesi diskusi budidaya buah jeruk, Edy Lusi menegaskan, “Keyakinan dalam bertani sangat diperlukan, jika petani mamang (ragu), nggak akan hasil. Tapi jika petaninya pas, maka perawatan akan dimaksimalkan dan hasil akan bagus.” ujarnya.

“Menjadi petani bukan hanya soal teori, tapi trik dan praktek wajib diketahui dan dilaksanakan,” tambahnya.

Setelah dikupas habis menjadi petani buah sukses oleh Edy Lusi, dalam acara hari ini juga hadir Edi Donggi sebagai petani hortikultura sukses dengan menyampaikan budidaya cabai dan tomat.

Edi Donggi mengatakan bahwa untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal perlu tanah yang produktif, “jika kita menghendaki hasil panen maksimal, maka tanah harus dikelola dengan maksimal,” ujarnya.

Ia juga menambahkan untuk memacu tanah produktif, pada saat pemupukan dasar bisa gunakan Petroganik dan Petro Biofertil, karena bakteri baik yang ada dalam pupuk ini berfungsi sebagai pengurai pupuk an-organik sehingga mudah diserap tanaman dan mencegah jamur fusarium, “Unsur hara dalam pupuk an-organik tidak akan hilang bersama bakteri baik, justru bakteri baik pada pupuk ini sebagai pengikat unsur hara untuk diserap oleh tanaman, intinya sifat an-organik itu mengeras dalam tanah dan sifat organik ini sebagai peleburnya,” tambahnya.

Jarak tanam, dosis pemupukan, pewiwilan, pengendalian OPT juga dikupas habis dalam sesi ini yang menjadikan peserta saling bertanya dan suasana menjadi hidup.

Acara ini diadakan selama dua hari, untuk keesokan harinya akan dilanjut dengan topik pembahasan yang berbeda yaitu diskusi budidaya tanaman kentang dan kubis yang tidak kalah menariknya untuk dibahas. (Fajar/SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment