Loader
 

Tingkatkan Produktivitas Pertanian Dengan Pesawat Tanpa Awak

sahabatpetani.com – Seiring berjalannya waktu peningkatan produktiviatas pertanian merupakan hal mutlak yang harus dilakukan, hal ini dikarenakan dari tahun ke tahun pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat sedngkan jumlah lahan pertanian yang semakin berkurang. Indonesia saat ini sedang berusaha dalam meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya tanaman pangan. Tak hanya itu kini pemerintahan juga berusaha dalam meningkatkan nilai ekspor tanaman hortikultura.

Dengan masuknya dalam industri 4.0 semakin banyak alat dan teknologi yang membuat pekerjaan semakin mudah dan ringan. Salah satunya yaitu penggunaan drone untuk pertanian. Dalam dunia pertanian Pesawat pertanian tanpa awak atau yang biasa disebut drone ,sering disebut agricultural drone. Agricultural drone adalah kendaraan udara tak berawak yang diterapkan dalam pertanian yeng bertujuan untuk membantu petani dan meningkatkan produktivitas pertanian.

Agriculture drone ini memungkinkan petani untuk memperluas monitoring terhadap lahan miliknya. Drone atau pesawat tanpa awak ini dikendalikan secara jarak jauh dan dilengkapi dengan flight control dan auto pilot yang menggunakan GPS dan kamera standard yang memungkinkan terjadinya monitoring secara luas oleh petani. Sehingga terbatasnya penglihatan manusia dalam memonitoring lahannya serta dapat memberikan informasi secara langsung menegenai kondisi tanaman mereka.

Selain dapat memperluas monitoring lahan secara langsung, agriculture drone dapat memonitoring kesehatan tanaman. Dengan menggunakan kamera NDVI (Normalized Difference vegetatif Index) yang mampu menilai apa target atau tanaman yang diamati mengan =dung vegetasi hijau hidup atau mati. Selain itu, drone ini dapat menganalisa titik penyebaran penyakit, sehingga dapat melakukan pencegahaan secepatnya.

Dengan menggunakan drone kita dapat juga mengontrol atau memonitor laju pengairan dan wilayahyang kekurangan air dapat terdeteksi lebih cepat. Selain itu, penyiraman dan penyemprotan menggunakan drone lebih terakar dan lebih cepat.

Kesuburan tanah merupakan hal yang sangat penting dalam budidaya tanaman, dengan menggunakan drone kita dapat mengetahui kondisi kesubuiran tanah kita. Dengan mengambil citra permukaan tanah sekaligus menganalisis kondisi tanah. Sehingga kita bisa tahu kandungan dan kondisi tanah kita dan pupuk  apa yang perlu kita aplikasikan.( fulldronesolutions.com/foto:wikipedia.org)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment